Trik Bikin Catatan Waktu Cepat Ala Casey Stoner

Casey Stoner sesungguhnya tak mengetahui bagaimana trik agar bisa mencatatkan waktu dengan cepat saat membalap di suatu sirkuit. Menurut juara dunia MotoGP 2007 dan 2011 tersebut, ia hanya membalap secara ‘alami’ pada lap-lap pertama agar bisa beradaptasi dengan kondisi medan yang dilaluinya tanpa merisaukan hasil lap time yang diperolehnya maupun bagaimana kinerja motor tersebut.
Banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana bisa Stoner mendapatkan catatan waktu impresif dalam waktu singkat setelah keluar ke lintasan untuk mulai beraksi di atas tunggangannya. Bahkan, ia bisa mampu menggebrak posisi tiga besar pada lap-lap awal yang dilakukannya.
Pembalap yang bergabung dalam Tim Repsol Honda tersebut menjelaskan kepada David Emmett (MotoMatters) saat akhir pekan balapan di Assen, “Saya tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi. Ketika saya turun ke lintasan, baik saya mengetahui trek tersebut atau tidak, catatan waktu lap pertama saya menjadi lebih natural. Saya membalap dengan alami. Anda takkan bisa secepat saat membalap dengan natural tetapi itulah bagaimana saya mengawalinya.
“Kemudian, saat saya merasa kecepatan saya sedikit meningkat, itulah saat kami bekerja pada set up, kami mulai menemukan titik pengereman, entry-line, ya seperti itulah. Jadi pada saat awal, saya tak begitu mengkhawatirkan atau memikirkan tentang catatan waktu. Saya hanya memutari sirkuit, menemukan kecepatan, ritme kemudian Anda bisa bekerja pada settingan motor tersebut.
“Saya sudah paham sebagian besar titik pengereman. Jika itu merupakan sirkuit yang masih baru, saya akan mulai membalap dan menemukan titik-titik pengeremannya. Bisa juga menggunakan pengelihatan saya untuk mencoba menemukan titik pengereman tersebut sebelumnya, dan saya hanya menunggangi motor dengan natural, tak banyak memikirkan tentang hal-hal itu. Hanya membalap dengan apa yang bisa Anda lihat.
“Ketika Anda tidak sedang membalap dengan alami, berarti Anda membalap secara ‘uji klinis’. Anda mulai memikirkan tentang kinerja motor, titik pengereman, pada saat Anda memasuki tikungan Anda memikirkan apa yang terjadi pada motor tersebut, di mana harus menikung, sedang berada pada posisi apakah motor itu. Apakah saat itu Anda butuh sedikit kepercayaan diri di depan, bagaimana performa motor saat menikung di suatu belokan, kondisi motor ketika Anda nge-gas, seberapa besar motor Anda menikung, jika tidak bisa berbelok, seberapa banyak motornya mengalami wheelie…
“Semua hal ini melintas di kepala Anda untuk mencoba mendapatkan set up terbaik yang Anda bisa. Dan saya melupakan hal-hal itu saat saya membalap di lap pertama. Saya cuma khawatir dengan treknya. Saya mencari-cari tambalan aspal, saya memperhatikan apakah mereka membuat garis baru pada keseluruhan trek, ya sesuatu kayak gitu lah.
“Anda hanya perlu memikirkan hal-hal lainnya sampai Anda terbiasa dengan lintasannya. Jadi pada dasarnya, saya membalap dengan simple, tak perlu terlalu khawatir akan set up motor dan saya memikirkan setiap aspek yang ada pada tikungan.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar